Home

Selamat Sore semua…
Semoga kabar baik- baik semua yah.

Kali ini Saya akan coba memulai berbagi pelajaran aksara Jawa yang saya pelajari baik dari buku aksara Jawa yang dikarang Oleh G. Setyo Nugraha dan M. Abi Tofani. Buku ini diterbitkan Oleh Penerbit Kartika.

Belajar langsung dengan Pak Ari dan Pak Edi di Surabaya. walaupun sebentar- sebentar waktunya namun sangat membantu untuk menambah pengetahuan saya.

Karena saya sendiri lahir dan besar di wilayah Jabodetabek yang gak pernah menyentuh pengetahuan bahasa Jawa yang berwujud aksara Jawa.

Disini Juga saya mengutip sebagian tulisan dari blog Kompasiana yang diposting oleh Pak Philipus Dellian Agus Rahardjo. Salam kenal dan terima kasih atas postingannya.

Mari kita mulai

IMG_4557.JPG

Di atas tadi adalah gambar pelajaran saya yang pertama. Karena belajar sendiri dan kurang pengetahuan. Jadi ada kesalahan dalam methode penulisan.

penulisan aksara Jawa itu adanya menggantung pada garis. Bukan di tengahnya.

IMG_4563-2.JPG

Itu semua dinamakan aksara yang masih nglegena atau masih telanjang tanpa sandhangan.

Sengaja saya berikan ejaan latin supaya lebih mudah cara membaca dan menghafalkannya.

Dalam ejaan latiin walaupun ditulis seperti Ha Na Ca ra Ka dst. Akan tetapi dalam membacanya bersuara Ho No Co Ro Ko.

Unik bukan ????

Saya lampirkan coretan latihan- latihan berikut ini :

 

IMG_4561.JPG

Ternyata belajar aksara Jawa itu tidak semudah yang saya bayangkan, namun juga tidak sesulit yang saya takutkan.

Nanti setelah aksara Jawa nglegena ini, saya akan lanjutkan dengan aksara Jawa dengan sandhangan di bagian berikutnya.

 

Terima kasih.

Regards,

 

Hakim

WP SUB
Saturday, 6 September 2014

Leave a comment